Jl. Protokol Koya Barat, RT. 001/RW.004, Kelurahan Koya Barat, Distrik Muara Tami, Kota Jayapura, Provinsi Papua, email: pemkoyabarat@gmail.com, Tlp/HP +6281317252866, Kode Pos 99151.

Visi Misi dan Motto Kota Jayapura

VISI MISI KOTA JAYAPURA : "TERWUJUDNYA KOTA JAYAPURA YANG BERIMAN, MODERN, BERSATU, MANDIRI DAN SEJAHTERA BERBASIS KEARIFAN LOKAL" - "HEN TECAHI YO ONOMI TMAR NI HANASED - SATU HATI MEMBANGUN KOTA UNTUK KEMULIAAN TUHAN".

Thursday, February 7, 2013

Program Pemberian Makanan Tambahanan bagi Anak Sekolah (PMT-AS) di SDN Inpes Koya Barat, Distrik Muara Tami



Kerjasama yang dijalin Pemerintah Jepang dengan Indonesia khususnya Papua tidak terlepas dari sejarah masa lalu. Menurut Wakil Duta Besar Jepang untuk Indonesia Junji Shimada, untuk mempererat hubungan yang telah ada sejak dahulu tersebut Pemerintah Jepang melakukan kerjasama dengan Pemkot Jayapura melalui program Pemberian Makanan Tambahanan bagi Anak Sekolah (PMT-AS) di 9 sekolah dasar (SD) di Distrik Muara Tami.
Selain untuk mempererat hubungan kerjasama menurut Junji Shimada, progra PMT-AS ini juga untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) di Papua khususnya di Kota Jayapura. “Hubungan kami dengan Indonesia khususnya Papua berangkat dari sejarah yang lalu. Untuk itu, kerjasama tersebut lebih dipererat melalui program PMT-AS ini,” ungkapnya kepada wartawan saat melakukan monitoring program PMT-AS di Distrik Muara Tami, Rabu (6/2).
Dikatakan, Pemerintah Jepang memilih Papua khususnya Kota Jayapura untuk bekerjasama di bidang pendidikan, agar hubungan sejarah yang sudah terjalin sejak dahulu tidak dilupakan tetapi makin dipererat. Selain program PMT-AS, juga dilakukan pertukaran pemuda dimana salah satunya diikuti oleh wartawan Cenderawasih Pos tahun lalu.
“Selain pemuda dari Papua belajar ke Jepang, ada juga pemuda dari Jepang yang belajar di Papua. Tahun ini, kami akan mengambil mahasiswa dari Universitas Cenderawasih untuk belajar ke Jepang dan mahasiwa dari jepang belajar ke Papua,” tuturnya.
     Untuk program kerjasama di bidang pendidikan ini, Pemerintah Jepang menurut Junji Shimada melakukan pengawasan secara berkala. Sementara itu, Plt. Sekda Kota Jayapura, Drs. M. Nurjamudin Kono, mengatakan pihaknya mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Jepang yang telah mambantu Pemkot Jayapura melalui program PMT-AS. Sebab program ini menurutnya merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas anak-anak Papua dalam pengembangan gizi.
 “Untuk program ini, Pemkot Jayapura juga perlu melakukan evaluasi supaya sistem pengawasannya berjalan tertib aman dan lancar serta tepat sasaran khususnya mereka yang bekerja di lapangan. Kami akan tegaskan sistem pengawasannya lebih efektif supaya program ini terus meningkat,” jelasnya.
Di tempat yang sama, Ketua TP PKK Kota Jayapura, Ny. Christine L. Mano mengatakan  program PMT-AS ini pernah dilaksanakan sekitar 15 tahun yang lalu, namun program PMT-AS saat itu tidak dilanjut. “Untuk itu kami berharap apa yang terjadi 15 tahun lalu tidak terulang lagi dan program ini bisa berkesinambungan. Sebab program ini untuk mengembangkan generasi muda menjadi generasi yang sehat kuat dan pintar,” ungkapnya. (mir/nat)  

sumber : http://www.cenderawasihpos.com/index.php?mib=berita.detail&id=5895

No comments:

Post a Comment

Peta Kelurahan Koya Barat via Google Map

Contact Form

Name

Email *

Message *