Jl. Protokol Koya Barat, RT. 001/RW.004, Kelurahan Koya Barat, Distrik Muara Tami, Kota Jayapura, Provinsi Papua, email: pemkoyabarat@gmail.com, Tlp/HP +6281317252866, Kode Pos 99151.

Visi Misi dan Motto Kota Jayapura

VISI MISI KOTA JAYAPURA : "TERWUJUDNYA KOTA JAYAPURA YANG BERIMAN, MODERN, BERSATU, MANDIRI DAN SEJAHTERA BERBASIS KEARIFAN LOKAL" - "HEN TECAHI YO ONOMI TMAR NI HANASED - SATU HATI MEMBANGUN KOTA UNTUK KEMULIAAN TUHAN".

Saturday, February 18, 2012

Acara Penyerahan BLM Tahap II PNPM Mandiri Respek

Penyerahan Bantuan Langsung Masyarakat Program PNPM Mandiri Respek Tahun Anggaran 2010. Kelurahan Koya Barat, Distrik Muara Tami, Kota Jayapura.( Sabtu, 18 Februari 2012.)

             Program Pemberdayaan Masyarakat melalu PNPM Mandiri Respek di Kelurahan Koya diharapkan mampu untuk mengangkat harkat dan martabat masyarakat khususnya Masyarakat Lokal yang berdomisili di Kelurahan Koya Barat. Mengingat keberadaan masyarakat lokal yang masih jauh dari tingkat kesejateraan selain itu keterbatasan Sumber Daya Manusia menjadi suatu tantangan tersendiri yang perlu diatasi sehingga mampu untuk memberdayakan dirinya dan dapat bersaing dengan  masyarakat pada umumnya.


Tak disadari dalam kurun waktu empat tahun terdapat adanya perkembangan kearah masyarakat yang mandiri walaupun perkembangan itu masih tergolong kecil, hal ini perlu dimaklumi karena pemahaman masyarakat yang masih kurang di lain pihak Program ini perlu disempurnahkan dengan mencari model yang tepat sehingga Pendanaannya dan penerapannya dapat lebih terarah dan tepat sasaran. 
Sambutan Lurah dalam sela-sela acara Penyerahan BLM PNPM Mandiri Respek

        Kepemimpinan Tim Pengelola Kegiatan Kelurahan (TPKK) Koya Barat yang sementara ini dipegang oleh Bapak Wemprit Haay mengatakan bahwa "perlu adanya Pelatihan dan Bimbingan Teknis oleh Pemerintah bagi TPKK dalam menyusun perencanaan, pengorganisasian, pelaksaan dan evaluasi karena Keberadaan TPKK sebagai Ujung Tombak dalam Pelaksanaan Program ini di tengah-tengah Masyarakat".
TPKK dan Pendamping Kelurahan Koya Barat

      Dalam melaksanakan Pendampingan Program PNPM Mandiri Respek di tingkat Kelurahan tidak terlepas dari peran Pendamping Kelurahan. Marthina Haay yang merupakan salah satu Pendamping di Kelurahan Koy Barat menyampaikan bahwa dalam pelaksanaan pendampingan di masyarakat banyak mengalami kendala karena tidak memiliki dokumen teknis pelaksanaan PNPM Mandiri Respek di Tingkat Kelurahan, akibatnya pendamping kelurahan tidak maksimal dalam melaksanakan tugasnya. Keterbatasan lainnya seperti tidak adanya Biaya Operasional bagi TPKK dan Pendamping Kelurahan padahal pada tahun sebelumnya ada anggarannya penunjang sehingga pelaksanaan pengawasan Program pada waktu itu berjalan dengan baik."
     
Bantuan Beasiswa untuk Mahasiswa
Bantuan beasiswa untuk siswa SLTA
        Pada Tahun 2008 Pelaksanaan PNPM Mandiri Respek, dalam laporan pertanggung jawaban TPKK, Pendamping Kelurahan serta Tiga Tungku Koya Barat mendapat pujian atas Makanisme pengelolaan Kegiatan PNPM mandiri Respek di yang di kelola secara mandiri. hal ini dapat dilihat dari tahap perencanaan sampai dengan Pelaksanaan Evaluasi berlangsung dengan melibatkan seluruh elemen masyarakat Koya Barat. 
*******************
Sekretaris TPKK Koya Barat Bapak Wemprit Haay

Bantuan Simpan Pinjam Khusus Perempuan
Proses Administrasi
              Lurah Koya Barat dalam penyampaiannya berharap agar seluruh pemangku kepentingan di Kelurahan agar dapat bersama-sama mengawal pelaksanaan PNPM Mandiri Respek karena Kelurahan Koya Barat merupakan salah satu dari sekian Kelurahan dan Kampung di Papua yang mendapat perhatian Pemerintah Daerah Provinsi Papua lewat program ini. Tantangan yang di hadapi dikelurahan Koya Barat adalah  kompleksitas dan keberadaan masyarakatnya yang majemuk dimana masyarakatnya terdiri dari berbagai suku bangsa baik, Suku Jawa, Sulawesi, Sumatera, Maluku serta Papua. sedangkan untuk masyarakat Papua sendiri terdiri dari suku Port Numbay, Wamena, Biak, Serui, Sentani, dll, sehingga akan lebih tepatnya bila Pelaksanaan PNPM Mandiri Respek dilaksanakan pada daerah Kampung mengingat masyarakatnya yang homogen yang masih terdapat latar belakang kesatuan suku.   ****************

      Selain itu dalam menjalankan fungsi Pengawasan terhadap kelancaran Pelaksanaan PNPM Mandiri Respek di Tingkat Kelurahan khususnya Koya Barat Lurah berharap Tim Pengelola Kegiatan Distrik (TPKD) serta Pendamping Distrik Muara Tami agar dapat ikut berperan aktif dalam melakukan Pembinaan serta memberikan perhatian yang penuh kepada TPKK, Pendamping Kelurahan dan Pemerintah Kelurahan sehingga Sinergisitas dari Program ini dapat berjalan dengan baik.
Foto Bersama TPKK, Pendamping Kelurahan beserta Lurah
  
Pada Acara Penyerahan Bantuan Langsung Masyarakat (BLM) Tahap II tahun anggaran 2010 di titik beratkan pada kegiatan-kegiatan Sosial Budaya, antara lain :
  1. Peningkatan Sumber Daya Manusia yakni pemberian Beasiswa dan Perlengkapan penunjang pendidikan bagi anak usia sekolah,  
  2. Peningkatan Kesehatan yakni pengadaan sarana penunjang Posyandu berupa alat penimbangan Balita dan Anak,
  3. Simpan Pinjam Khusu Perempuan (SPP) kepada Tiga Kelompok yakni kelompok Hawe Wane, kelompok Mekarwali dan kelompok Jopa Lala, dan
  4. Pengadaan Alat Penunjang Pemakaman.
       Dengan adanya BLM di atas diharapkan agar masyarakat di Kelurahan Koya Barat dapat menggunakan serta mengelolaannya dengan sebaik-baiknya dan perlu terus dikembangkan sesuai dengan semangat dari Program ini.

 (Fotografer : Yusuf Kasianto)


No comments:

Post a Comment

Peta Kelurahan Koya Barat via Google Map

Contact Form

Name

Email *

Message *