Jl. Protokol Koya Barat, RT. 001/RW.004, Kelurahan Koya Barat, Distrik Muara Tami, Kota Jayapura, Provinsi Papua, email: pemkoyabarat@gmail.com, Tlp/HP +6281317252866, Kode Pos 99151.

Visi Misi dan Motto Kota Jayapura

VISI MISI KOTA JAYAPURA : "TERWUJUDNYA KOTA JAYAPURA YANG BERIMAN, MODERN, BERSATU, MANDIRI DAN SEJAHTERA BERBASIS KEARIFAN LOKAL" - "HEN TECAHI YO ONOMI TMAR NI HANASED - SATU HATI MEMBANGUN KOTA UNTUK KEMULIAAN TUHAN".

Wednesday, October 17, 2012

Sosialisasi Program Membangun dan Memperkuat Ketangguhan terhadap Bencana di Indonesia Timur pada Kelurahan/Kampung

 Dalam rangka memberdayakan masyarakat di bidang penanggulangan bencana. Kipra bekerjasama Kementerian Sosial Republik Indonesia, Oxfam, Australian Aid, Humanitarian Aid and Civil Protection dan Pemerintah Kota Jayapura melalui BPBD Kota Jayapura mengadakan Sosialisasi Program Membangun dan Memperkuat Ketangguhan terhadap Bencana di Indonesia Timur pada Kelurahan/Kampung di Kelurahan Koya Barat, Distrik Muara Tami, Kota Jayapura.
Koya Barat merupakan salah satu Kelurahan/Kampung yang dipilih untuk diselenggarakannya program ini. Program ini rencananya akan dilaksanakan selama satu tahun dengan metode pendampingan kepada masyarakat. sasaran dari kegiatan difokuskan kepada Lansia, kaum perempuan dan anak-anak mengingat ketiga sasaran ini sangat rentan dan perlu adanya pembinaan secara khusus dalam menghadapi permalasahan yang terkait dengan bencana. Sosialisasi yang dilaksanakan pada hari Senin, 15 Oktober 2012 bertempat di Balai Pertemuan Koya Barat mendapatkan respon yang baik dari warga masyarakat, mengingat letak geografis Kelurahan Koya Barat dilintasi oleh sungai Muara Tami disebelah Timur dan Samudra Pasifik di bagian utara (kampung Holtekamp) sewaktu - waktu dapat menjadi sebuah ancaman bagi warga yang berdomisili di Kelurahan Koya Barat.

Disisi lain Kelurahan Koya Barat telah dibentuk sebuah wadah yang dinamakan Kampung Siaga Bencana  pada tanggal 14 Mei 2012 yang diketuai oleh Surono. Wadah ini dibentuk sebagai respon baik dari masyarakat terhadap Program Kementerian Sosial Republik Indonesia melalui Dinas Sosial Provinsi Papua di Kelurahan Koya Barat. Keberadaan wadah ini sangat vital sehingga perlu untuk ditingkatkan kapasitasnya sehingga bila mana terjadi bencana maka wadah inilah yang akan berperan aktif di masyarakat sesuai dengan tugas dan fungsinya. Dalam sosialisasi tersebut Lurah Koya Barat berharap agar peningkatan kapasitas dari wadah Kampung Siaga Bencana ini dapat dibina secara berkelanjutan lewat pendampingan baik dari pihak Pemerintah terkait, LSM, Swasta dan pihak-pihak lainnya yang mempunyai perhatian terhadap permasalahan Bencana. Rombongan LSM Kipra Papua yang mengadakan sosialisasi dikelurahan Koya Barat diantaranya : Edward Agaki (Koodinator) Theresia Purba, Uria Bukopioper, Fiorita Rudamaga, Agus Yosua, Trivena dan Soroway Jufuai (anggota). 

1 comment:

Peta Kelurahan Koya Barat via Google Map

Contact Form

Name

Email *

Message *