Jl. Protokol Koya Barat, RT. 001/RW.004, Kelurahan Koya Barat, Distrik Muara Tami, Kota Jayapura, Provinsi Papua, email: pemkoyabarat@gmail.com, Tlp/HP +6281317252866, Kode Pos 99151.

Visi Misi dan Motto Kota Jayapura

VISI MISI KOTA JAYAPURA : "TERWUJUDNYA KOTA JAYAPURA YANG BERIMAN, MODERN, BERSATU, MANDIRI DAN SEJAHTERA BERBASIS KEARIFAN LOKAL" - "HEN TECAHI YO ONOMI TMAR NI HANASED - SATU HATI MEMBANGUN KOTA UNTUK KEMULIAAN TUHAN".

Monday, February 24, 2014

Sejarah Singkat Kampung Yoka


Asal mula orang Yoka tidak dapat dipisahkan dari saudara–saudaranya yang lain di Sentani, yang terkonsentrasi pada tiga pulau utama yaitu Asei, Adjau, dan Yonokhom. Orang Yoka adalah bagian dari penduduk yang awalnya berkonsentrasi di Pulau Asei. Sedangkan Jac Hoogerbrugge mengatakan bahwa nenek moyang orang Sentani (termasuk Yoka) berasal dari Timur Pulau Papua, dan ditegaskan oleh Lasarus Revasi bahwa asal mula orang Sentani adalah dari Sepik – Papua New Guinea


Yoka, kampung yang terletak diujung Timur Sentani, berdiri sebagai suatu kampung pada 2 Januari 1956. Yoka yang dengan nama adatnya disebut Hebheibhulu, dan dalam kumpulan kampung–kampung di Sentani, nama ini menyimpan sebuah makna tersendiri. Kalau Hobong dikenal dengan sebutan Yohena Yansena, maka nama Hebheibhulu dikenal dengan sebutan Yo Nime Ya Nime, yang mengandung arti Tanah (Kampung) yang makmur, damai, dan sejahtera karena orang – orangnya mampu dalam segala hal. 


Kampung Yoka kalau dilihat dari sisi Gereja, dengan menyimak kembali ceritera Bangsa Israel dalam I Samuel 7 : 12, sedikit banyak memberikan gambaran yang hampir sama dengan ceritera orang Yoka, sehingga 2 (dua) orang Penatua Yoka yang bertugas di Ayapo pada malam tanggal 01 Januari 1956, mencetus nama Eben-Haeser bagi orang – orang Yoka yang akan berangkat ke Kampung Yoka. Seiring dengan kembalinya orang – orang Yoka, maka secara perlahan – lahan Yoka bangkit dan dikenal sebagai suatu daerah.

1 comment:

Peta Kelurahan Koya Barat via Google Map

Contact Form

Name

Email *

Message *