Jl. Protokol Koya Barat, RT. 001/RW.004, Kelurahan Koya Barat, Distrik Muara Tami, Kota Jayapura, Provinsi Papua, email: pemkoyabarat@gmail.com, Tlp/HP +6281317252866, Kode Pos 99151.

Visi Misi dan Motto Kota Jayapura

VISI MISI KOTA JAYAPURA : "TERWUJUDNYA KOTA JAYAPURA YANG BERIMAN, MODERN, BERSATU, MANDIRI DAN SEJAHTERA BERBASIS KEARIFAN LOKAL" - "HEN TECAHI YO ONOMI TMAR NI HANASED - SATU HATI MEMBANGUN KOTA UNTUK KEMULIAAN TUHAN".

Saturday, June 1, 2013

Banjir lagi, Jalan Trans Keerom - Kota Jayapura dipalang warga.


Kali ini kejadian pemalangan terjadi di kawasan Jalan Raya Trans Keerom - Kota Jayapura dan tidak tanggung-tanggung pemalangan terjadi di empat titik hingga kawasan tersebut.

Aksi Pemalangan terjadi pada hari Jumat (31/05) dinihari dan dilakukan mulai dari pertigaan Koya Barat, lalu di Koya Karang, kemudian dua titik di kawasan Skamto. Akibat kejadian ini aktifitas masyarakat yang menggunakan jalan raya yang menghubungkan Kota Jayapura dengan Kabupaten Keerom lumpuh.
 
Walikota Jayapura Drs. Benhur Tomi Mano, MM didampingi oleh Sekda dan Instansi teknis Kota Jayapura pada Jumat (31/05) siang turun langsung ke lapangan untuk menemui para pemalang,  ia mendengar aspirasi yang disampaikan langsung oleh masyarakat.

Dari pihak pemalang sendiri dari tulisan yang mereka tampilkan dalam sebuah kertas karton ada tiga tuntutan yang mereka ajukan, yang pertama adalah perbaikan tanggul sungai yang jebol, lalu yang kedua benahi pemukiman warga korban banjir, dan yang terakhir adalah menagih janji walikota untuk memberikan bantuan kepada tiga Gereja yang masing-masing berjumlah Rp. 25 juta.

Perwakilan dari pihak pemalang, Azis Nubuad dihadapan walikota menyampaikan warga menagih janji walikota yang pernah disampaikan pada bulan Januari (11/01) lalu untuk membenahi masalah banjir yang disebabkan meluapnya sungai Tami yang hingga kini belum juga ada realisasinya.

Sedangkan walikota sendiri untuk tuntutaan uang sumbangan kepada tiga gereja menjanjikan hal tersebut akan ia realisasikan pada hari Minggu (02/06) dan ia sendiri yang akan turun langsung untuk memberikan bantuan tersebut.

Sementara untuk pembenahan sungai, walikota menjanjikan ia akan segera mengkomunikasikan hal ini dengan pihak provinsi dan Balai Sungai, tetapi walikota menyebut hari Selasa (04/06) mendatang alat berat akan segera datang ke kawasan tersebut.

Sementara untuk pemukiman, walikota mengatakan berdasarkan keterangan dari Gubernur Papua, Kota Jayapura akan mendapat jatah 100 rumah, dan itu yang akan digunakan untuk memenuhi tuntutan pemalang, tetapi ia juga mengatakan akan mengumpulkan data dulu dan lokasi yang tepat untuk pembangunan.

Diluar hal tersebut walikota juga menyayangkan dengan tidak adanya tindakan dari Pemerintah Kabupaten Keerom atas kejadian ini, padahal karena pemalangan ini Keerom juga menjadi korban dan aktifitas di wilayah itu pun ikut lumpuh.

Setelah ditemui walikota, para pemalang akhirnya dengan sukarela membuka palang yang diletakkan ke tengah jalan, dan aktifitas masyarakat pun bisa kembali berjalan normal. (Rtr)

No comments:

Post a Comment

Peta Kelurahan Koya Barat via Google Map

Contact Form

Name

Email *

Message *