Jl. Protokol Koya Barat, RT. 001/RW.004, Kelurahan Koya Barat, Distrik Muara Tami, Kota Jayapura, Provinsi Papua, email: pemkoyabarat@gmail.com, Tlp/HP +6281317252866, Kode Pos 99151.

Visi Misi dan Motto Kota Jayapura

VISI MISI KOTA JAYAPURA : "TERWUJUDNYA KOTA JAYAPURA YANG BERIMAN, MODERN, BERSATU, MANDIRI DAN SEJAHTERA BERBASIS KEARIFAN LOKAL" - "HEN TECAHI YO ONOMI TMAR NI HANASED - SATU HATI MEMBANGUN KOTA UNTUK KEMULIAAN TUHAN".

Friday, March 14, 2014

PNPM Perkotaan Koya Barat : Penanggulangan kemiskinan melalui orang - orang baik


Program yang disebut Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri perkotaan (PNPM Mandiri perkotaan) telah bergulir selama bebrapa tahun belakangan di Distrik Muara tami dan khususnya di Kelurahan Koya Barat, dan hasil yang dicatatkan program ini cukup mengejutkan, karena dengan hanya sedikit dan stimulan dan masyarakat dapat melaksanakan berbagai kegiatan dan pembangunan fisik yang bila dikerjakan dengan mekanisme tender akan menghabiskan dana yang jauh lebih besar. yang lebih menggebirakan lagi adalah apa yang dibangun atau diprogramkan oleh masyarakat dalam PNPM mandiri perkotaan ini adalah riil kebutuhan masyarakat yang paling mendesak. maka tidak heran bila dengan dana dan waktu yang singkat, ada jembatan yang terbangun, jalan yang menjadi mulus, dan air bersih mengalir lancar, posyandu yang memadai, dll.
Fakta ini adalah prestasi swadaya masyarakat yang mestinya mendapatkan apresiasi dari pemerintah daerah karena membangun dengan menjadikan masyarakat sebagai aktor utamanya.
hal ini tentu tidak terlepas dari pola komunikasi yang terbangun dalam PNPM Mandiri Perkotaan. Masyarakat yang selama ini menjadi obyek dari pprogram pembangunan, dalam PNPM Mandiri Perkotaan justru menjadi subyek yang bekerja aktif mulai dari merencanakan, melaksanakan hingga evaluasinya. Keberhasilan pola komunikasi dalam PNPM Mandiri Perkotaan tidak terlepas dari eksisnya Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) di lingkungan masyarakat.
BKM Cinta Makmur sejak Oktober 2010 yang terdiri atas 11 (sebelas) orang. Terbukti bahwa mereka menjalankan tugas dan fungsi sebagai perwakilan masyarakat dengan benar yaitu memfasilitasi usulan warga masyarakat, mendorong proses pembangunan secara bersama – sama, mengawasi dan mengendalikan pelaksanaan keputusan-keputusan yang diambil, membangun keterbukaan (transparansi) dan tanggung jawab (akuntabilitas).
Karena adanya kontrol internal yang baik dalam BKM, maka berbagai penyelewengan dan penyimpangan bisa diantisipasi bersama. Mengapa kemudian BKM mampu mengatasi berbagai kendala klasik tentang kolusi dan korupsi pada setiap program pembangunan? Ini tidak terlepas dari hadirnya kesadaran kritis dalam dinakmika BKM. Setiap individu masyarakat yang terlibat dalam BKM akan memiliki kesadaran kritis karena apa yang diaspirasikan merupakan kepentingan setiap mereka. Maka, manakala ada yang keluar dari jalur prioritas program BKM, secara natural akan diperbaiki karena setiap warga menginginkan yang terbaik bagi diri dan lingkungannya. BKM hanyalah elemen kecil masyarakat, namun bila dikelola dengan baik, maka BKM dapat menjadi solusi terbaik bagi permasalahan komunikasi yang selama ini buntu antara pemerintah dan masyarakat.

Oleh sebab itu, sebagai masyarakat marilah kita terus mendukung lembaga – lembaga yang sudah ada di Kelurahan, baik itu lembaga pemerintah maupun lembaga masyarakat, dengan cara ikut terlibat secara langsung dalam setiap kegiatan pembangunan yang diadakan.

Kalau bukan kita, siapa lagi...
Kalau bukan sekarang, kapan lagi...
Dokumentasi PNPM Perkotaan di Kelurahan Koya Barat :

  


 
  

 

No comments:

Post a Comment

Peta Kelurahan Koya Barat via Google Map

Contact Form

Name

Email *

Message *