Jl. Protokol Koya Barat, RT. 001/RW.004, Kelurahan Koya Barat, Distrik Muara Tami, Kota Jayapura, Provinsi Papua, email: pemkoyabarat@gmail.com, Tlp/HP +6281317252866, Kode Pos 99151.

Visi Misi dan Motto Kota Jayapura

VISI MISI KOTA JAYAPURA : "TERWUJUDNYA KOTA JAYAPURA YANG BERIMAN, MODERN, BERSATU, MANDIRI DAN SEJAHTERA BERBASIS KEARIFAN LOKAL" - "HEN TECAHI YO ONOMI TMAR NI HANASED - SATU HATI MEMBANGUN KOTA UNTUK KEMULIAAN TUHAN".

Wednesday, March 26, 2014

Saluran irigasi tidak terurus, Petani beras Koya merugi


 Jayapura (26/03/2014) - Saluran irigasi yang tidak terurus disebabkan dari tingginya sendimen lumpur pada saluran irigasi Skunder sehingga air yang bersumber dari Sungai Tami tidak dapat mengaliri lahan pertanian milik petani. Hal ini diungkapkan oleh ketua Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Koya Barat, Tedjo, selain itu ia juga mengatakan  akibat dari permasalah itu berdampak pada meruginya petani beras Koya, kami mengalami keterlambatan tanam sejak bulan Januari sampai akhir bulan Maret 2014. 

 

Pihak Gapoktan telah melakukan koordinasi dengan Instansi terkait dalam hal ini Balai Wilayah Sungai Provinsi Papua, jawaban pihak balai bahwa terjadi keterlambatan pekerjaan akibat adanya sanggahan dari pihak yang kalah dalam proses pengadaan barang dan jasa. Gapoktan Koya Barat sangat menyayangkan hal ini dimana tidak seharusnya petani menanggung permasalahan tersebut karena dapat merugikan petani akibat tidak tertanamnya padi seluas 500 Ha dan mundurnya pelaksanaan kegiatan SLPTT padi dan pengembang SRI yang apabila dilaksanakan mundur di musim tanam II yaitu dibulan September maka akan dipanen di Tahun 2015 pada akhir target tidak akan tercapai dan petani tahun 2014 ini hanya akan memanen 1 (satu) kali panen dalam setahun. Kondisi ini sangat merugikan petani karena kejadian tersebut terjadi setiap musim tanam dan dikhawatirkan akan mempengaruhi kepercayaan petani untuk menanam padi.

 Kami sebagai masyarakat petani hanya masyarakat biasa yang berjuang untuk hidup melalui aktifitas kami sebagai petani, untuk itu kami harapkan agar pihak - pihak yang berkepentingan terkait proyek pengerukan saluran irigasi dapat bersikap arif dan bijaksana dalam menyikapi pemasalahan ini,  katanya. (Rtr).




No comments:

Post a Comment

Peta Kelurahan Koya Barat via Google Map

Contact Form

Name

Email *

Message *